Minggu, 26 Agustus 2012

bahaya hamil diluar nikah bagi pelajar

Mungkin istilah "hamil di luar nikah" tidaklah asing buat Anda sekalian, terutama dengan berita di beberapa program infotainment yang mengabarkan pasangan artis yang baru menikah akhir-akhir ini ternyata sudah hamil duluan 4 bulan. Terlepas dari pedoman payung agama yang dipegang kuat oleh masyarakat Indonesia, ternyata hamil di luar nikah juga memiliki resiko terhadap kesehatan, bagaimana? Simak terus!

hamilI3NH6.jpg

Sebenarnya, hamil di luar nikah lebih banyak ditemukan pada remaja di Indonesia. Dimana hal ini dipicu oleh banyak faktor terutama adalah:
1. Film porno yang beredar bebas
2. Pendidikan seks yang tidak adekuat karena dianggap tabu oleh sebagian besar orang tua
3. Pendidikan seks yang tidak diajarkan di sekolah
4. Kebebasan dalam pergaulan (minuman keras, narkoba, dan sebagainya)
5. Ingin coba-coba

sex-education.jpg

Semua faktor diatas tidak luput kembali perannya kepada orang tua. Saat ini dimana era budaya barat dapat masuk dengan mudah seperti kehidupan seks yang bebas pada remaja. Untuk itu kembali lagi semua kepada peran orang tua yang begitu besar dalam mendidik para remaja ini agar menjadi individu yang dapat mengerti masalah tanggung jawab.

Adapun faktor-faktor resiko kesehatan yang mungkin bisa terjadi pada remaja yang hamil di luar nikah adalah:

1. IMS (Infeksi Menular Seksual)

Di beberapa negara maju, skrining terhadap IMS (Infeksi Menular Seksual) adalah sudah menjadi rutinitas. IMS bisa terjadi sebagai akibat dari pola seksual multi partner atau promiskuitas.

2. Kanker Serviks

Selain dari infeksi dari HPV (Human Papilloma Virus) yang dapat menyebabkan kanker serviks, para ahli berpendapat onset pertama kali melakukan hubungan seks, terutama pada usia muda dibawah 18 tahun turut juga menyumbang penyebab utama dari kanker serviks, dimana pada usia muda ini belum terjadi kematangan dari alat-alat kandungan.

3. Gangguan Mental

Tentunya hamil di luar nikah dan dalam keadaan usia yang sangat muda sekali ditambah pula dengan keadaan keluarga yang religius dan kebudayaan tinggi hal ini akan menjadikan beban mental yang berat bagi remaja wanita yang hamil di luar nikah.

Di karenakan di negara Indonesia berbeda dengan aturan pada beberapa negara maju dimana aborsi adalah hak wanita untuk menentukan sikapnya untuk hamil atau tidak, maka yang terbaik adalah dengan mempertahankan kehamilan tetap seperti layaknya wanita hamil pada umumnya dengan melakukan pemeriksaan kehamilan dengan tepat, dan juga melakukan persalinan pada tenaga ahli untuk menekan angka kematian ibu dan anak.

Sumber :
British Journal of Cancer 100 (7): 1191–1197. March 10, 2009, Early age at first sexual intercourse and early pregnancy are risk factors for cervical cancer in developing countries




2 komentar | In: Seks | 2 years ago | Suka |

1 komentar:

  1. Where can I bet on sports in South Africa? - legalbet.co.kr
    How can I 제왕카지노 bet on sports in South Africa? · How can I bet on sports in South Africa? · What are 다파벳 the rules for football betting in South Africa? · What

    BalasHapus